Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Nasional adakan Ecogreen

Rabu,03 Juli 2024

Kegiatan bimakarsa mengabdi jilid 1 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Nasional merupakan salah satu aksi nyata peran mahasiswa dalam mengatasi permasalahan di masyarakat khususnya isu-isu lingkungan dengan konsep Ecogreen. Ecogreen merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengedepankan peduli terhadap lingkungan atau bisa disebut kegiatan yang ramah terhadap lingkungan.

Kegiatan ini diadakan di Balai Pertemuan RW 3 Desa Menuran pada tanggal 5 Mei 2024, yang mengusung tema “Invest in our earth”. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa kepedulian terhadap keadaan lingkungan sekitar, mewujudkan Desa Menuran sebagai desa binaan terbaik Kabupaten Sukoharjo 2024 dan meningkatkan kesadaran untuk memperingati hari bumi sedunia dengan memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar. Kegiatan diawali dengan berdoa dan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars STIKES, dan lagu buruh tani. Kemudian dilanjutkan pelaporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana yang mengungkapkan bahwasannya dalam kegiatan ini akan dilakukan kegiatan penanaman, pembuatan pupuk dengan metode LRB (Lubang Resapan Biopori) dan pemberian bibit lele. Dilanjutkan sambutan oleh ibu kepala Desa Menuran dan sharing session oleh perwakilan ibu-ibu KWT Mawar Subur. Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh ketua pelaksana mengenai pembuatan LRB (Lubang Resapan Biopori). Selain pengetahuan secara teoritis KWT Mawar Subur, juga dilaksanakan trial session mengenai penanaman dan pembuatan pupuk dengan metode LRB (Lubang Resapan Biopori) oleh ibu-ibu KWT Mawar Subur yang difasilitasi oleh pengurus BEM STIKES Nasional.

Dalam kegiatan ini terdapat manfaat terkait edukasi pembuatan pupuk dengan metode LRB ”Lubang Resapan Biopori” yang mudah diaplikasikan bagi KWT (Kelompok Wanita Tani) Desa Menuran, penanaman yang memiliki manfaat dapat menghijaukan bumi selain itu juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi KWT Mawar Subur dan pemberian bibit lele memiliki tujuan untuk dapat dikembangkan menjadi budidaya ikan lele dan sebagai tambahan penghasilan KWT Mawar Subur. Setelah selesai kegiatan dilakukan penutupan dan dokumentasi serta pembagian souvenir kemudian panitia merapikan kembali lokasi yang digunakan.